Cari Blog Ini

info lainnya

Soal Teori Paket 3 UKK Akuntansi Keuangan Lembaga 2022


 



1.             SOAL ASPEK PENGETAHUAN

Elemen Kompetensi

Soal

1.       Mengidentifikasi luas,sektor dan tanggung jawab industry

Andin memiliki profesi sebagai Teknisi Akuntansi, dalam menjalankan profesinya, Andin sering mendapatkan tekanan untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan kepentingan klien seperti memperkecil laba agar pembayaran pajak menjadi rendah. Hal tersebut merupakan tekanan profesi …..

A.      Tekanan-tekanan untuk berbuat curang dari manager atau pemberi kerja.

B.       Tekanan-tekanan untuk bekerja sama antar rekan sekerja.

C.       Tekanan-tekanan untuk kejasama antrar pemilik perusahaan dan penarik pajak.

D.      Tekanan-tekanan antara kreditur dan manager.

E.       Tekanan dari pihak lain seperti polisi,wartawan atau jaksa.

Jawaban : A


2.       Mengidentifikasi luas,sektor dan tanggung jawab industry

Tuan Budi melakukan pengembangan usahanya dengan cara mengajukan pinjaman kepada Bank Syariah Mandiri, Dalam persyaratan peminjaman , Bank Syariah Indonesia menilai laporan keuangan tuan Budi untuk melihat kondisi keuangan yang baik. Dalam hal ini Bank Syariah Indonesia sebagai pengguna informasi keuangan pihak …..

A.    Internal

B.     Manager

C.     Pemerintah

D.    Suplier

E.     Kreditur

Jawaban : E

3.       Menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan

Seorang Teknisi Akuntansi dalam menyelesaikan pekerjaannya tidak boleh memihak kepada satu kepentingan. Laporan yang dihasilkan harus sesuai dengan semua kepentingan baik internal maupun ekternal. Hal tersebut sesuai dengan etika profesi akuntansi…..

A.     integritas

B.      obyektiftas

C.      tanggungjawab

D.     kerahasiaan

E.      kompetensi

Jawaban : B

4.       Menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan

Cara-cara pelaksanaan kerja yang seefisien mungkin atas sesuatu tugas dengan mengingat segi-segi tujuan , peralatan , fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang dan biaya yang tersedia merupakan pengertian dari…..

A.    prosedur kerja

B.     tata kerja

C.     sistem kerja

D.    alat kerja

E.     catatan kerja

Jawaban : B

5.       Mengelola informasi

Urutan proses manajemen dalam pengambilan keputusan yang benar adalah…..

A.    perencanaan-pelaksanaan-pengendalian-pengawasan. 

B.     perencanaan -pengendalian-pelaksanaan -pengawasan. 

C.     pelaksanaan-perencanaan-pengendalian-pengawasan. 

D.    pelaksanaan-pengendalian-pengawasan-perencanaan

E.      pengendalian-pengawasan-perencanaan-pelaksanaan

Jawaban : A

6.       Merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya

Uraian singkat tentang tugas, kondisi pekerjaan, serta tuntutan yang diperlukan ketika menjabat suatu posisi. Biasanya job description berisi tuntutan pendidikan, pengetahuan, keterampilan dan lamanya pengalaman kerja merupakan definisi dari…..

A.     Pemberian tugas kerja ( job description )

B.      Pembagian tugas kerja induvidu dan kelompok

C.      Perencanaan kerja berdasarkan skala prioritas

D.     Penyesuiaan teknologi dalam pelaksanaan tugas kerja organisasi

E.      Prosedur Operasional Standar

Jawaban : A

7.       Merancang dan mengelola kompetensi personal

Tujuan peningkatan profesionalisme berkelanjutan tenaga teknisi akuntansi adalah…..

A.     mendorong akuntan professional menaikkan honorarium secara berkesinambungan.

B.      mendorong akuntan professional memelihara, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi profesionalnya secara berkesinambungan.

C.      mendorong akuntan professional meningkatkan prestise profesionalnya secara berkesinambungan.

D.     mendorong akuntan professional mengembangkan kompetensi profesionalnya secara mandiri

E.      mendorong akuntan professional memelihara kompetensi profesionalnya agar lebih pintar

Jawaban : B

8.       Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko

Seorang Tenaga Akuntansi seringkali dihadapkan pada penyusunan laporan keuangan tepat waktu dengan waktu yang cukup singkat. Hal ini dapat mengakibatkan tingkat stress yang tinggi bagi profesi akuntasni. Bahaya di tempat kerja semacam ini merupakan …..

A.     bahaya kerja egronomi

B.      bahaya kimia

C.      bahaya biologi

D.     bahaya fisik

E.      bahaya psikologis

Jawaban : E

9.       Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko

Berikut ini prosedur kerja teknisi akuntansi yang benar adalah …

A.     Mengklasifikasikan transaksi – pengikhtisaran – mencatat dan merangkum – menginterpretasikan

B.      Mencatat dan merangkum – menginterpretasikan – pengikhtisaran – mengklasifikasikan transaksi

C.      Menginterpretasikan – pengikhtisaran – mengklasifikasikan transaksi – mencatat dan merangkum

D.     Pengikhtisaran – mengklasifikasikan transaksi – mencatat dan merangkum – menginterpretasikan

E.        Mengklasifikasikan transaksi – mencatat dan merangkum – pengikhtisaran – mengiterpretasikan

JAWABAN : E

10.   Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko

Seorang teknisi akuntansi dalam menyelesaikan pekerjaan didukung dengan computer dan peralatan listrik pendukung lainnya. Mira setiap selesai kerja tidak pernah mematikan tombol power printer dan komputernya. Hal tersbut merupakan factor utama penyebab kecelakaan dalam hal …..

A.     jenis kelamin

B.      usia

C.      tingkat pendidikan

D.     perilaku

E.      masa kerja

Jawaban : D

11.   Menerapkan praktikpraktik kesehatan dan keselamatan kerja

Perlengkapan alat tulis merupakan kebutuhan dalam melaksanakan pekerjaan profesi akuntansi. Perlengkapan tulis tersebut harus mudah dijangkau atau ditemukan ketika akan digunakan. Hal tersebut merupakan penerapan prinsip K3 dalam hal…..

A.     rapi

B.      ringkas

C.      resik

D.     rajin

E.      rawat

Jawaban : B

12.   Menerapkan praktikpraktik kesehatan dan keselamatan kerja

Dalam menjalankan profesi di tempat kerja kita harus memperhatikan dan mengenali tanda-tanda bahaya di tempat kerja. Berikut merupakan tanda bahaya di tempat kerja yang artinya….

A.     awas pejalan kaki

B.      jalan menanjak

C.      jalan menurun

D.     awas jalan licin

E.      jalur kabel

Jawaban : D

13.   Menerapkan praktikpraktik kesehatan dan keselamatan kerja

Kondisi kerja tenaga teknisi akuntansi dituntut untuk banyak duduk dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini dapat menyebabkan efek tidak baik tehadap fisik. Hal ini merupakan factor resiko dominan …..

A.     sikap tubuh yang tidak alamiah dan dipaksakan atau postur canggung,

B.      gerakan berulang

C.      pengerahan tenaga yang berlebihan,

D.     pressure points

E.      sikap kerja statis

Jawaban : E

14.   Menerapkan praktikpraktik kesehatan dan keselamatan kerja

Pertolongan pertma yang harus dilakukan ketika terjadi di tempat kerja adalah…..

A.     Jangan Panik

B.      Jauhkan korban dari kecelakaan berikutnya.

C.      Perhatikan pernafasan,denyut jantung, pendarahan dan tanda-tanda shock

D.     Jangan memindahkan korban secara terburu-buru

E.      Segera rujuk ke pusat pengobatan terdekat.

Jawaban : A

15.   Menerapkan praktikpraktik kesehatan dan keselamatan kerja

Kebakaran Listrik merupakan Potensi bahaya didasarkan pada dampaknya terhadap pekerja yang memiliki potensi bahaya….

A.     Potensi bahaya yang menimbulkan risiko jangka panjang pada kesehatan.

B.      Potensi bahaya yang menimbulkan risiko langsung pada keselamatan.

C.      Risiko terhadap kesejahteraan atau kesehatan sehari-hari.

D.     Potensi bahaya yang menimbulkan risiko pribadi dan psikologis

E.      Potensi bahaya yang menimbulkan risiko cacat tubuh

Jawaban : B

16.   Memeriksa dokumen sumber dan dokumen pendukung

Jelaskan Perbedaan dokumen sumber dan dokumen pendukung dalam mengelola bukti transaksi!

Jawaban:

Dokumen sumber merupakan dokumen yang digunakan untuk dasar pencatatan ke dalam jurnal atau buku pembantu.Sedangkan Dokumen pendukung adalah dokumen yang menguatkan data atau yang membuktikan validitas terjadinya transaksi yang dicantumkan di dalam dokumen sumber.

 

17.   Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar

Jelaskan dengan singkat proses posting dari jurnal ke buku besar !

 

Jawab :

Cara Memposting Jurnal Umum Ke Buku Besar? Cara memposting ke buku besar melalui tiga tahap, yaitu sebagai berikut.

  1. mencatat tanggal transaksi dan jumlah yang akan didebit atau dikredit ke dalam akun yang sesuai;
  2. mengisi kolom “Referensi: dalam akun nomor halaman jurnal;
  3. mengisi kolom “Referensi” dalam jurnal dengan akun yang bersangkutan.

 

18.   Mencatat jurnal penyesuaian

Apa saja fungsi jurnal penyesuaian?

Jawab :

Adapun bebrapa fungsi jurnal penyesuaian adalah sebagai berikut:

a.       menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga setiap perkiraan saldo riil, khususnya perkiraan harta dan kewajiban menunjukkan jumlah yang sebenarnya.

b.       agar pada akhir periode akun riil yaitu harta, kewajiban dan modal menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

c.       agar akun-akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban dapat diakui dalam suatu periode dan menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

d.       menghitung setiap perkiraan nominal (perkiraan pendapatan dan beban) yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.

 

19.   Menyiapkan system komputer akuntansi yang terintegrasi

Jika pada saat kamu membutuhkan hasil cetak laporan keuangan, tiba-tiba aliran listrik mati, bagaimana kamu memecahkan permasalahan tersebut?

20.   Mengentry data

Jelaskan fungsi dari penggunaan aplikasi spreadsheet!

Jawaban:

Fungsi dari spreadsheet adalah mengolah data dalam bentuk table, grafik, bahkan dapat digunakan untuk mencari nilai statistic dari data yang ada

Pengolahan data menggunakan spreadsheet menjadi lebih mudah karena di dalam spreadsheet terdapat rumus-rumus yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan rumus tersebut akan otomatis mengganti sel satu dan sel lainnya.

 

 

“SELAMAT & SUKSES”

 

 

 

MATERI LAINNYA