1. Menciptakan Brand Awareness
Alasan pertama mengapa Anda wajib melakukan promosi adalah promosi dapat menciptakan brand awareness. Bahasa sederhana dari istilah ini adalah membuat produk Anda dikenal oleh konsumen. Sederhananya seperti ini, bagaimana produk Anda bisa terjual banyak jika konsumen saja tidak mengenal produk Anda. Ini adalah alasan paling dasar dari sebuah strategi promosi yang kita lakukan. Strategi promosi dengan tujuan ini sangat penting dilakukan untuk produk yang baru saja diluncurkan atau belum banyak dikenali.
2. Promosi Penting untuk Membangun Merek
Alasan penting selanjutnya adalah promosi berperan penting untuk membangun merek. Ketika konsumen sudah mengenal produk Anda (brand awareness tinggi),
langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menciptakan kesan merek positif (brand image). Merek tidak cukup hanya terkenal, merek tersebut harus dibangun menjadi merek yang memiliki citra positif yang kuat. Salah satu cara untuk membangun merek yang memiliki citra positif ialah fokus pada kualitas dan layanan yang baik.3. Promosi Bertujuan Untuk Meciptakan Loyalitas Konsumen
Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas
konsumen menjadi sangat penting agar konsumen tidak beralih ke pesaing.
Pebisnis bisa melakukan berbagai langkah untuk membangun loyalitas konsumen,
seperti diadakannya program promosi berhadiah, point reward, memberikan harga
khusus saat moment tertentu, paket bonus produk, dan lain sebagainya.
4. Sarana untuk Edukasi Konsumen
Promosi berperan untuk menyampaikan suatu pesan kepada target konsumen
Anda. Promosi juga bisa menjadi sarana edukasi konsumen tentang manfaat produk
Anda. Sebagai produk yang relatif baru atau belum terkenal, Anda sebagai
pemilik produk wajib untuk mengedukasi konsumen tentang kegunaan produk, cara
pakai produk, dan berbagai hal yang berhubungan dengan produk. Hal ini menjadi
alasan penting mengapa promosi wajib untuk dilakukan.
5. Menciptakan Klien Baru
Manfaat promosi
yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mendatangkan
pelanggan-pelanggan baru untuk bertransaksi pada bisnismu. Program promosi yang
telah direncanakan dengan matang dan diimplementasikan secara tepat akan
memiliki kekuatan words of mouth yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran
bisnis. Dengan promosi diharapkan ada klien/pelanggan baru yang tertarik atau
bersedia membeli prduk yang kita tawarkan. Jika jumlah klien bertambah maka
peluang untuk menjual produk juga kebih besar. Selain itu para konsumen yang
sudah memaki bisa menjadi sarana promosi bagi customer baru berikutnya.
Secara garis
besar, sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi, promosi dapat dimanfaatkan
untuk meningkatkan pendapatan bisnis sebesar mungkin dengan modal yang
seminimum mungkin