Cari Blog Ini

info lainnya

Soal Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 2



1. Manusia memiliki naluri untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk ....
    A. Official
     B. Realita
     C. Gagasan
     D. Original
     E. Visual
  2. Bentuk dinamis (bergerak) berbentuk animasi teks dan gambar disebut  ....
    A. Motion grafic
     B. Motion sosial
     C. Motion Sound
     D. Motion layer
     E. Motion mood
         
3. Visualisasi berbentu animasi 2D termasuk dalam ....
    A. Visual vertical
     B. Visual dinamis
     C. Visual horizontal
     D. Visual Statis
     E. Visual good
         
4. Visualisasi tidak bergerak, termasuk dalam visualisasi ....
    A. Dinamis
     B. Vertical
     C. Statis
     D. Good
     E. Horizontal
         
5. Citra 2 dimensi mempunyai 2 sudut, yaitu ....
    A. A dan B
     B. X dan Y
     C. C dan Z
     D. O dan P
     E. S dan T
         
6. Pembuatan animasi 3D yang sangat beragam didukung oleh ....
    A. Software
     B. Hardware
     C. Aktor
     D. Ide
     E. HarDisk
         
7. Protocol berfungsi sebagai ….
a. Penyedia jaringan
b. Sebagai perantara data
c. Tempat untuk pemrosesan data
d. Penghubung antara pengguna ke jaringan
e. Mengatur komunikasi data dan menjamin data sampai di tujuan

8. Perhatikan pernyataan berikut dengan cermat!
1) Komunikasi social,
2) Komunikasi interaktif,
3) Komunikasi ekspresif
4) Komunikasi real time
5) Komunikasi ritual
6) Komunikasi instrumental
Yang termasuk fungsi komunikasi ialah ….
a. 1, 2, 5
b. 3, 5, 6
c. 3, 4, 6
d. 1, 3, 5
e. 2, 4, 5

9. Data atau informasi diperlukan dalam komponen komunikasi data, hal ini dikarenakan ….
a. Data atau informasi sesuatu yang ingin disampaikan ke tujuan
b. Materi utama dalam komunikasi
c. Tanpa data dan informasi tidak ada yang dikirim
d. Data atau informasi adalah layanan perantara
e. Semua jawaban benar
         
10. Bentuk informasi 2D yang statis (tidak bergerak) disebut dengan ....
    A. Runing text
     B. Baliho
     C. Umbul-umbul
     D. Infografik
     E. Visual
         
11. Konsep dasar penyusunan storyboard adalah ....
    A. Berdasarkan alur cerita
     B. Sesuka hati
     C. Sesuai dengan ide dan gagasan
     D. Asal jadi
     E. berlompat scene
       
12. Video presentasi sebuah produk harus menggunakan produk bentuk ....
    A. Animasi 2D
     B. Benda asli
     C. Animasi 3D
     D. Produk tiruan
     E. poto produk
         
13. Teks yang berisi gambaran yang akan terlihat dilayar adalah ....
    A. Sinopsis
     B. Iklan
     C. Naskah
     D. Brosur
     E. Alur cerita
         
14. Berikut ini aplikasi yang dapat di gunakan untuk text chat, kecuali ....
    A. Facebook
     B. Maps
     C. Twiter
     D. Whatsapp
     E. Instagram
         
15. Cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet dinamakan.......
    A. Komunikasi daring
     B. Komunikasi verbal
     C. Komunikasi non verbal
     D. Komunikasi online
     E. Telepon
         
16. Perkembangan pertama kali komunikasi daring dimulai tahun ….
    A. 1946
     B. 1956
     C. 1966
     D. 1976
     E. 1986
         
17. Berikut ini merupakan layanan di dalam menggunakan internet, kecuali ....
    A. Web
     B. Chating
     C. E-mail
     D. Sidik jari
     E. Instagram
         
18. Sebuah fitur, fasilitas, aplikasi atau program dalam suatu jaringan komputer (internet) sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung selama pengguna sama-sama terkoneksi dengan internet dalam bentuk text disebut....
    A. Video conference
     B. Video chat
     C. Text chat
     D. Chating
     E. Instan messaging
         
19. Komunikasi yang dapat memanfaatkan audio dan vidio disaat yang bersamaan disebut ....
    A. Video chat
     B. Video conference
     C. Text chat
     D. Instan messaging
     E. Chating

         
20. Berkomunikasi secara real time melalui perangkat lunak chat atau diskusi, dengan semua peserta melalui jaringan internet pada waktu yang sama disebut ....
    A. Komunikasi daring
     B. Komunikasi Online
     C. Komunikasi langsung
     D. Komunikasi sosial
     E. Komunikasi daring kombinasi
         
21. Komputer memediasi komunikasi dalam mede tertunda oleh komputer, dengan menggunakan media seperti email dinamakan ....
    A. Komunikasi daring kombinasi
     B. Komunikasi sosial
     C. Komunikasi langsung
     D. Komunikasi daring
     E. Komunikasi online tidak langsung
         
22. Perbedaan mendasar antara text chat dengan e-mail adalah ....
    A. Dapat mengirim gambar
     B. Dapat disisipi emotion
     C. Komunikasi dalam bentuk text
     D. Pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang online.
     E. Menggunakan jaringan internet
         
23. Berikut dibawah ini fungsi utama email, kecuali ....
    A. Mengirim paket barang
     B. Mengirim file teks
     C. Mengirim foto digital
     D. Mengirim file audio
     E. Mengirim vidio
         
24. Dalam komunikasi daring, software memiliki manfaat yang besar, kecuali ....
    A. Menghasilkan data
     B. Menjual data
     C. Mengontrol software
     D. Mengelola data
     E. Analisis data
         
25. Dibawah ini keunggulan dalam menggunakan komunikasi daring dibanding komunikasi konvensional, kecuali ....
    A. dapat dilakukan dimana saja
     B. Boros biaya
     C. Efisiensi waktu
     D. Efisiensi data
     E. Meningkatkan partisipasi
         
26. Langkah pertama dalam membuat video adalah...
    A. Pembuatan naskah
     B. Pentuan actor dan actress
     C. Pembuatan storyboard
     D. Pembuatan setting tempat pengambilan gambar
     E. Penentuan ide
         
     27.  Struktur rangkaian kejadian dalam cerita pada produksi   video …
A. ide
B. naskah
C. sinopsis
D. storyboard
E. plot

28. Dibawah ini yang termasuk dalam   media penyimpanan dan publikasi   online untuk visualisasi digital adalah…
A. Personal computer
B. DVD
C. Memory Cad
D. Flashdisk
E. Youtube

29. Salah satu keuntungan daring adalah…
A.    Dapat dilakukan dimana saja
B.    Menyita konsentrasi
C.   Tidak mewakili emosi pengguna
D.   Memerlukan perangkat khusus
E.  Memerlukan kuota data besar
         
     30.  Papan cerita berupa sketsa atas kalimat dalam membuat video
A. ide
B. naskah
C. sinopsis
D. storyboard
E. plot

31. Langkah pertama dalam membuat video adalah...
     A. Pembuatan naskah
     B. Pentuan actor dan actress
     C. Pembuatan storyboard
     D. Pembuatan setting tempat pengambilan gambar
     E. Penentuan ide

32. Ringkasan cerita pada produksi   video presentasi…
A. Ide
B. NaskaH
C. Sinopsis
D. Storyboard
E. Plot

33. Hasil pembuatan video harus   mengutamakan kepuasan..
A. Pencetus ide
B. Sutradara
C. Penonton
D. Pemain
E. Editor

34. Pengertian dari simulasi visual adalah....
A. Media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk video
B. Media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk aktualisasi simulasi visual
C. Media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk e book
D. Media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk dvd
E. Media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk digital

35. Editing video adalah …
A. Sebagai sarana untuk mengkomunikasikan ide/gagasan dalam pembelajaran atau menyajikan suatu produk yang telah dihasilkan
B. Peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cara tanpa menghilangkan unsur-unsur
C. Sebagai sarana untuk mengkomunikasikan cerita dalam pembelajaran atau menyajikan suatu produk yang telah di hasilkan
D. salah satu elemen penting di dalam sinematografi dan tidak dapat dipisahkan dari dunia broadcasting
E. Media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk digital

36. Harus mengomunikasikan kelebihan produk dan ide yang disampaikan merupakan....
A.Fungsi presentasi video
B.Tujuan presentasi video
C. Jenis presentasi video
D. Istilah gerakan kamera
E. contoh presentasi video

37. Fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi komunikasi daring diantaranya adalah ….
a. Berbagi sumber daya (sharing resource)
b. Pesan offline
c. Voice call
d. Memanggil protocol
e. PC call
38. Mengomunikasikan ide,menunjukan solusi,mengomunikasikan produk dan jasa,menunjukan cara kerja merupakan....
A.Dokumenter
B.Jenis-jenis video
C. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video
D. ciri ciri presentasi video
E. contoh presentasi video
39. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat kelas maya ialaha ….
a. Dapat meningkatkan kemampuan
b. Setiap orang dapat mengaksesnya
c. Media bertukar informasi
d. Materi dalam bentuk analog
e. Materi dapat diulang

40. Fitur awal pada rumah belajar ialah ….
a. Pindah halaman selanjutnya
b. Untuk kembali ke menu utama
c. Pindah halaman sebelumnya
d. Untuk kembali ke halaman kosong
e. Untuk ke menu selanjutnya

41. Berikut ini yang bukan merupakan tipe kuis pada fitur kuis pada edmodo ialah ….
a. Multiple choice
b. True falses
c. Short answer
d. Matching
e. Semua jawaban salah

MATERI LAINNYA