Cari Blog Ini

info lainnya

Aplikasi Komputer Akuntansi

Artikel lama yang diperbarui pada tanggal 20 Juli 2020


1. MYOB (Mind Your Own  Business) Accounting


Merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.



User Friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.job costing software

Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
Kemampuan trash back semua laporan ke semua dokumendan sumber transaksi.job costing software
Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB,job costing software sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB


2. K-system Indonesia

K-System adalah suatu software akuntansi yang terpadu dan di design khusus untuk kondisi di Indonesia.

3. Accurate Accounting


Software akuntansi yang memiliki versi bahasa Indonesia, dengan tampilan yang mirip MYOB, Accurate cukup user friendly. Apa itu ACCURATE? Software Accurate adalah program akuntansi buatan putra-putri bangsa Indonesia. Pengembangnya adalah CPSSoft (PT. Cipta Piranti Sejahtera) CPSSoft tidak melayani penjualan mereka fokus di pengembangan program dan administrasi. ACCURATE sudah melayani berbagai perusahaan hampir di seluruh indonesia dari tahun 1998 hingga sekarang. Karana produk lokal ACCCURATE sudah sesuai PSAK dan Perpajakan di Indonesia.

Kelebihannya form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia. Ditambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user, departemen, gudang, dan proyek. Accurate support pajak SPT, dan telah ada versi onlinenya. Accurate termasuk aplikasi yang banyak di gunakan di Indonesia, dipelajari berbagai sekolah dan kampus

1. Modul Pembelian (Purchase Module).

modul ini terdiri dari Formulir Permintaan Pembelian (Purchase Requisition Form), Formulir Pesanan Pembelian (Purchase Order Form), Formulir Penerimaan Barang (Received Item Form), Formulir Faktur Pembelian (Purchase Invoice Form), Formulir Retur Pembelian (Purchase Return Form) dan Formulir Pembayaran Pembelian (Purchase Payment Form).

2. Modul Penjualan (Sales Module).

modul ini terdiri dari Formulir Penawaran Penjualan (Sales Quotation Form), Formulir Pesanan Penjualan (Sales Order Form), Formulir Faktur Penjualan (Sales Invoice Form), Formulir Retur Penjualan (Sales Return Form) dan Formulir Penerimaan Penjualan (Sales Receipt Form).

3. Modul Persediaan (Inventory Module).

modul ini terdiri dari Daftar Barang dan Jasa (List Of Item), Formulir Penyesuain Persediaan (Inventory Adjustment Form), Formulir Pembiayaan Pesanan (Job Costing Form), Daftar Gudang (List Of Warehouse), Formulir Grup Barang (Item Grouping Form), Formulir Penyesuaian Harga Jual Barang (Set Selling Price Adjustment Form), dan Formulir Pindah Barang (Item Transfer Form).

4. Modul Buku Besar (General Ledger Module).

modul ini terdiri dari Daftar Akun (List Of Account), Daftar Mata Uang (List Of Currency), Informasi Perusahaan (Company Info), Formulir Bukti Jurnal (Journal Voucher Form), Proses Akhir Bulan (Perid End Process), dan Laporan Keuangan (Financial Statemen).

5. Modul Kas Bank (Cash Bank Module).

modul ini terdiri dari Formulir Pembayaran (Payment Form, Formulir Penerimaan (Deposit Form), Buku Bank (Bank Book), Formulir Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile Form).

6. Modul Aktiva Tetap (Fixed Asset Module).

modul ini terdiri dari Formulir Aktiva Tetap Baru (New Fixed Asset Form). Daftar Tipe Aktiva Tetap Pajak (List Of Fiscal Fixed Asset Type). Daftar Tipe Aktiva Tetap (List Of Fixed Asset Type). Daftar Aktiva Tetap (Fixed Asset List).

7. Modul RMA (Return Merchandise Authorization Module).

modul ini terdiri dari Formulir RMA (RMA Form) dan Formulir RMA Action (RMA Action Form).

8. Modul Proyek (Project Module).

modul ini terdiri dari Daftar Bahan Baku, Daftar Biaya Proyek, Formulir Work Price Analysis, Formulir Proyek, Formulir Material In Used, Formulir Project Survey, Formulir Project Bill, Formulir Project Ending.

9. Modul E-Faktur.

Accurate 5 sudah dilengkapi dengan modul e-faktur di seluruh varian, baik standard, deluxe, maupun enterprise.


4. Zahir Accounting

Software akuntansi yang user friendly (mudah digunakan) dengan fitur yang lengkap dan sekaligus memberikan analisa laporan keuangan sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan bisnis. Zahir termasuk aplikasi yang banyak di gunakan di Indonesia, dipelajari berbagai sekolah dan kampus. Juga tersedia dalam versi dekstop dan online
Aplikasi nya bisa di download di link berikut 


5. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Untuk membuat laporan keuangan dengan langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dkk tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnalnya. Sangat mudah, bahkan jika kita tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE kita bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.

6. Krishand

Software untuk membantu dalam hal pelaporan pajak.

7. Omega Accounting

Software akuntansi yang cocok untuk bisnis berbasis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan.

8. JURNAL

Juga merupakan aplikasi lokal, yang user friendly, tersedia versi dekstop dan online (cloud)

9. Bee Accounting

Software yang multi platform, yang bisa dikostumisasi menggunakan tools development java. Software BEE sudah menyediakan modul yang lengkap.

10. MAS

Dikembangkan sejak tahun 1984. Bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Namun hanya menyediakan modul standar dalam aplikasinya. Software MAS dibandrol dengan harga 1 paket software minimal 4 juta, yang termasuk bonus training pengoperasiannya secara gratis bagi pengguna.  

11. FINA  Accounting

Software akuntansi dengan tampilan mirip Accurate, kelebihan aplikasi ini diantaranya tersedia versi gratis (data juli 2020) yaitu untuk Fina Anywhere yang dapat digunakan secara pebuh. 

Referensi : 
https://brainly.co.id/tugas/23297195#readmore

MATERI LAINNYA