Cari Blog Ini

info lainnya

PSAK 50 Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan (Revisi 2006)

Standar Akuntansi > SAK Umum

PSAK 50 Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan (Revisi 2006)
10-11-2008 09:47
Tujuan pernyataan ini adalah unuk menetapkan prinsip untuk penyajian dan pengungkapan instrumen keuangan sebagai kewajiban atau ekuitas dan untuk saling hapus aset keuangan dan kewajiban keuangan.
Pernyataan ini berlaku terhadap klasifikasi instrumen keuangan, dari perspektif penerbit, dalam aset keuangan, kewajiban keuangan dan instrumen ekuitas; pengklasifikasian yang terkait dengan suku bunga, dividen, kerugian dan keuntungan; dan keadaan dimana aset keuangan dan kewajiban keuangan akan saling hapus.

Prinsip-prinsip dalam Pernyataan ini melengkapi prinsip untuk pengakuan dan pengukuran aset keuangan dan kewajiban keuangan dalam PSAK 55 (revisi 2006): Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran, dan pengungkapan informasi tentang hal tersebut.

Entitas menerapkan Pernyataan ini untuk periode yang dimulai pada atau setelah 1 januari 2009. Penerapan lebih dini diperbolehkan. Entitas tidak diperkenankan menerapkan Pernyataan ini untuk periode tahunan yang dimulai sebelum Januari 2009, kecuali jika entitas tersebut juga menerapkan PSAK 55 (Revisi 2006). Jika entitas menerapkan Pernyayataan ini untuk periode tahunan yang dimulai sebelum 1 Januari 2009, kecuali jika entitas tersebut juga menerapkan PSAK 55 (revisi 2006). Jika entitas menerapkan Pernyataan ini pada periode sebelum 1 Januari 2009, maka fakta ini harus diungkapkan.

Pernyataan ini diterapkan secara prospektif. Pernyataan ini menggantikan PSAK 50: Akuntansi Investasi Efek Tertentu yang disahkan pada tahun 1998.

MATERI LAINNYA